PELATIHAN PEMANFAATKAN SISTEM IOT BERBASIS BLENDED LEARNING DI SEKOLAH

  • Munandar STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Lidiana STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Riyan Maulana STMIK Indonesia Banda Aceh
Keywords: model pembelajaran, blended learning, keprofesionalan pendidik, industri 4.0

Abstract

Di zaman yang sudah modern ini, perkembangan teknologi tentunya sudah banyak menunjukan kemajuan yang luar biasa. Manusia juga dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kualitasnya, dapat menguasai teknologi dan komunikasi yang berkembang di dunia internasional, sehingga mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Untuk mewujudkan manusia yang unggul, cerdas dan berkualitas tersebut dapat dihasilkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, dalam hal ini guru mempunyai tugas, fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting, karena pendidikan yang bermutu berasal dari guru yang bermutu, berkualitas, berpengalaman dan profesional. Itulah sebabnya, guru harus senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dirinya agar menjadi pendidik yang profesional. Guru perlu memiliki standar profesi dengan menguasai materi serta model pembelajaran yang dapat mendorong siswanya untuk mau belajar. Guru yang Profesional harus memiliki keterampilan mengajar yang baik, memiliki wawasan yang luas, menguasai kurikulum, menguasai model pembelajaran, menguasai teknologi, selalu up to date, memiliki kepribadian yang baik dan menjadi teladan yang baik. Berbicara tentang model pembelajaran, Sudah saatnya kita menciptakan kembali bagaimana model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini agar mampu menciptakan manusia yang unggul, cerdas, berkualitas, berpengalaman dan tidak ketinggalan zaman. Salah satu isu pendidikan terbaru dalam perkembangan globalisasi dan teknologi saat ini adalah model pembelajaran Blended Learning yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Oleh karena itu, Blended Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam mewujudkan tuntutan era digital pendidikan saat ini. Dan untuk mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan pendidik di era revolusi industri 4.0 model pembelajaran blended learning adalah salah satu cara untuk mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan pendidik yang sesuai dengan keadaan zaman.

Published
2022-07-27
How to Cite
Munandar, Lidiana, & Riyan Maulana. (2022). PELATIHAN PEMANFAATKAN SISTEM IOT BERBASIS BLENDED LEARNING DI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Bangsa, 1(1), 15-18. https://doi.org/10.61992/jpb.v1i1.44
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)