UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH MEE DALAM BIDANG PENDIDIKAN, EKONOMI DAN SOSIAL DI KECAMATAN KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE MELALUI MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)

  • Sufyan
  • Maimun STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Adi Ahmad STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Tarmizi STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Riyan Maulana STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Muhammad Yassir Universitas Gunung Leuser Aceh
  • Nasruddin Universitas Gunung Leuser Aceh
Keywords: Pengembangan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata, Program Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan model pengabdian masyarakat yang memfokuskan pada pemberdayaan keluarga dalam aspek pendidikan, ekonomi, sosial dan lingkungan. KKN menempatkan mahasiswa tinggal bersama masyarakat dalam membentuk lembaga atau pengembangan masyarakat terutama lembaga kemasyarakatan yang telah ada. Melalui KKN ini mahasiswa bersama masyarakat mengidentifikasi permasalahan dan menggerakkan semua potensi yang ada demi kemajuan masyarakat. Berdasarkan hal ini ini, kami mengajukan usulan program kerja di Gampong Meunasah Mee Kecamatan Kembang Tanjong Pidie. Tujuan program kerja ini adalah untuk memberikan bukti pengabdian kepada Gampong Meunasah Mee khususnya masyarakt dan perangkat gampong (desa). Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan beberapa program kegiatan mahasiswa KKN dalam bidang Pendidikan yaitu mengajar TPA, mengajar mengaji, mengajar computer dan menyelenggarakan turnamen volli dan bakti sosial. Kegiatan ini menyasar anak-anak, orang tua murid,  masyarakt dan juga, aparatur gampong di Gampong Meunsah Mee Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Kegiatan ini bermanfaat bagi Masyarakat gampong untuk pengembangan dan kemajuan kedepan, khusus kepada aparatur kegitan ini diharapkan memberikan bekal kepada masyarakat gampong dan aparat gampong dalam mengelola dan menata gampong dengan baik.

References

Ahmad Ulil Albab Al Umar, dkk 2021 Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021),” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1, No. 1 (2021), hlm. 39.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Ketentuan Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Pra Sekolah, Dasar dan Menengah. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
Gigih Wahyu Jatmiko, 2017 Persepsi Mahasiswa PAI Semester VII terhadap Program PPL Sistem Semi Block di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi.
Hermanto Rohman, dkk, 2020 Pedoman Pelaksanaan KKN Back to Village Dalam Pencegahan dan Antisipasi Dampak Covid-19, (Jember: LP2M Universitas Jember, 2020), hlm. 3.
Hariana, dkk. 2021. Peran Mahasiswa KKN dalam Melaksanakan Kegiatan Tambahan di Lokasi Pengabdian Desa Botuwombato. JAT.
Kantor Geusyik Gampong Meunasah Mee Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie 2023.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Yudiana, K.N dan Fitria, A.L. 2019. Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Cibanteng. ABDI DOSEN “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat”.
Salma Yanti dkk 2022 Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Putri Nurhasanah dkk, 2023 Laporan Pelaksanaan KKN di Gampong Meunasah Mee Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie.
Suratmi dkk, 2023 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Pembelajaran Berbasis Alam pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Published
2024-06-11
How to Cite
Sufyan, Maimun, Adi Ahmad, Tarmizi, Riyan Maulana, Muhammad Yassir, & Nasruddin. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH MEE DALAM BIDANG PENDIDIKAN, EKONOMI DAN SOSIAL DI KECAMATAN KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE MELALUI MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN). Jurnal Pengabdian Bangsa, 3(2), 20-29. https://doi.org/10.61992/jpb.v3i2.107
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>