PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN MAGGOT (Hermetia illucens) DAN AMPAS TAHU TERHADAP HISTOLOGI USUS IKAN GABUS (Channa striata)

  • Muhammadar A. A Fakultas Kelautan dan Perikanan, Budidaya Perairan, USK Banda Aceh
  • Nurul Hasanah Fakultas Kelautan dan Perikanan, Budidaya Perairan, USK Banda Aceh
  • Suraiya Nazlia Fakultas Kelautan dan Perikanan, Budidaya Perairan, USK Banda Aceh
  • Dedi Ferdiansyah Putra Fakultas Kelautan dan Perikanan, Budidaya Perairan, USK Banda Aceh
  • Asmawati M. Sail Fakultas Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, USK Banda Aceh
Keywords: Ikan gabus, maggot, ampas tahu, dan vili

Abstract

Ikan gabus merupakan organisme karnivora yang mendiami perairan dangkal seperti tempat yang berlumpur, berarus tenang, dan daerah perairan  berbatuan untuk tempat bersembunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi  maggot dan  ampas tahu yang telah difermentasi pada pakan terhadap histologi usus dan kelangsungan hidup ikan gabus. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pembiakan dan Pembesaran Ikan, Fakultas Kelautan dan  Perikanan, Universitas Syiah Kuala pada Februari 2023 - Maret 2023 menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah luas permukaan usus ikan gabus (Channa striata) dengan rumus Sakamoto et al.,(2000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan terbaik dari luas permukaan vili usus ikan gabus adalah (64544,19 mm2) berada pada perlakuan D dengan kombinasi tepung maggot fermentasi 60% + ampas tahu fermentasi 10%.

Published
2023-08-10
How to Cite
Muhammadar A. A, Nurul Hasanah, Suraiya Nazlia, Dedi Ferdiansyah Putra, & Asmawati M. Sail. (2023). PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN MAGGOT (Hermetia illucens) DAN AMPAS TAHU TERHADAP HISTOLOGI USUS IKAN GABUS (Channa striata). Jurnal Penelitian Progresif, 2(2), 35-44. https://doi.org/10.61992/jpp.v2i2.73
Section
Articles