STRATEGI GURU DALAM MENDIDIK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

  • Esti Alemia Puspita Akademi Keuangan Perbankan Nusantara
  • Fauzan Putraga Albahri STMIK Indonesia Banda Aceh
Keywords: Strategi; Guru; Kecerdasan Emosional; Siswa.

Abstract

Pendidikan kecerdasan emosional adalah pendidikan untuk mampu mengenali. Mengekspresikan dan mengelola emosi, baik emosi dirinya sendiri maupun emosi orang lain. Dengan tindakan konstruktif, yang mempromosikan kerja sama sebagai Tim yang mengacu pada produktivitas dan bukan pada konflik. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan bagaimana strategi guru dalam mendidik kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan guru dalam mendidik kecerdasan emosionas siswa di SMA Jaya Langsa dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mendidik kecerdasan emosional siswa di SMA Jaya Langsa. Adapun metode penelitian penelitian ini bersifat deskriptif yaitu suatu kajian yang membahas masalah yang sedang terjadi dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yaitu dengan cara observasi wawancara dan angket dengan sampelnya para murid di SMA Jaya Langsa yang jumlahnya sebanyak 45 orang dan Kepala sekolah serta guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Strategi guru dalam mendidik kecerdasan emosional siswa di SMA Jaya Langsa adalah berupa penetapan kedisiplinan. Penyediaan buku-buku paket yang berisi tentang kecerdasan emosional dan penerapan kegiatan ekstrakulikuler berupa pemantapan mental emosional melalui kegiatan Pramuka dan kegiatan itu berlangsung bersama dengan kegiatan proses belajar-mengajar. melalui penerapan strategi khusus dengan pembinaan pengajaran kepada para guru dan menciptakan kegiatan yang khusus di luar sekolah. kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan strategi mendidik kecerdasan emosional siswa yaitu kurangnva pemahaman guru terhadap pentingnya kecerdasan emosional, kurangnya pengetahuan guru tentang strategi khusus dalam mendidik kecerdasan emosional siswa ,dan kurangnya media dalam membantu guru untuk mendidik kecerdasan emosional siswa,  untuk itu diharapkan kepada para guru agar dapat mendalami pengetahuannya tentang kecerdasan emosional agar dapat melahirkan murid--murid yang tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga cerdas emosional. 

Published
2022-07-28
How to Cite
Esti Alemia Puspita, & Fauzan Putraga Albahri. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENDIDIK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Jurnal Penelitian Progresif, 1(1), 79-87. https://doi.org/10.61992/jpp.v1i1.53
Section
Articles