REAKTUALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN DALAM MASYARAKAT PLURALIS DI KOTA MEDAN
Abstract
Kota Medan merupakan salah satu wilayah Indonesia yang didiami berbagai suku, agama, ras dan antargolongan. Keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan bahasa di Kota Medan merupakan indikator masyarakat pluralis. Sebagai masyarakat yang pluralis, mempunyai dua sisi yang saling bertolak belakang. Di satu sisi, keragaman tersebut berdampak positif, dan di sisi lain berdampak negative. Keragaman masyarakat Kota Medan dapat berdampak positif, apabila mampu dikelola menjadi modal sosial untuk membangun persepsi bersama dan visi bangsa tanpa mengabaikan keragaman budaya. Di sisi lain keragaman itu juga berdampak negatif karena masyarakat pluralis sangat rawan terhadap munculnya disintegrasi bangsa. Ancaman disintegrasi bangsa dapat dicegah dengan mengaktualkan (menghidupkan) kembali nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari nilai-nilai luhur bangsa. Adapun nilai-nilai luhur bangsa yang mampu menjadi perekat dan pengikat persatuan adalah Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf