IDENTIFIKASI BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI DESA TANDEM KECAMATAN HAMPARAN PERAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya bangunan – bangunan bersejarah di Desa Tandem Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, mengidentifikasi bangunan – bangunan bersejarah di Desa Tandem Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, bagaimana pelestarian yang dilakukan pihak pemerintah dan masyarakat setempat terhadap bangunan – bangunan bersejarah di Desa Tandem Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli serdang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Lapangan (field research) yaitu, peneliti langsung terjun kelapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen dan Studi Pustaka (library researh) yaitu dengan membandingkan buku dan dokumen yang relevan. Dalam hal ini keadaan bangunan – banguan bersejarah yang ada di Desa Tandem Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Sedang yang didirikan sekitar tahun 1889 di mulai dari proses dibukanya perkebunan tembakau deli untuk mempermudah pengelolaan tembakau maka dibangunlah kantor administrasi, rumah menager, gudang pupuk, gudang barang, rumah staf, gudang pemeraman tembakau, kantor afdeeling, rumah karyawan, poliklinik, sekolah dan mesjid. Dari kedua wilayah tersebut bangunan yang terdapat di Desa Tandem Hulu terlihat lebih terawat jika di bandingkan dengan bangunan di Desa Tandem Hilir.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf