ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINGKING(CT) SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERBASIS WEB DI SMKN 1 AL-MUBARKEYA ACEH BESAR
Abstract
Di era digital sekarang ini para siswa harus memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi. Maka dengan itu Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menegaskan bahwa Berpikir komputasional sebagai sarana untuk memahami dan memecahkan masalah kompleks menggunakan teknik dan konsep komputasi seperti pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma dianggap oleh banyak ahli sebagai salah satu kompetensi yang mendukung dan terlebih lagi pada dunia pendidikan pada saat ini. Rumusan masalah di penelitian ini yaitu bagaimana mengukur kemampuan Computatitonal Thingking Siswa pada mata pemrograman berbasis web dan berpengaruhkah Computational Thingking siswa dalam pemecahan masalah (Problem Solving) pada pembelajaran pemrograman berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis hipotesis terhadap data hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (2.037>0,374), maka dapat disimpulkan : H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh computational thinking dalam pemecahan masalah (problem solving) (X) terhadap kemampuan Computatitonal Thingking Siswa pada mata pelajaran pemrograman berbasis web (Y). Maka berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata 79. Dengan perolehan nilai tes tertinggi yaitu 100, dan terendah 50. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah, masih ada beberapa siswa yang rendah dalam kemampuan computational thinking terhadap pembelajaran pemograman berbasis web.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf