EFEKTIFITAS PENGGUNAAN NETSUPPORT SCHOOL UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF JURUSAN MULTIMEDIA KELAS XII DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH
Abstract
Dengan adanya aplikasi ini, pendidik tidak lagi untuk berjalan ke setiap komputer untuk melihat aktivitas peserta didik ketika sedang dalam pembelajaran. Suasana yang dirasakan peserta didik seakan - akan dipantau langsung oleh pendidik, sehingga peserta didik fokus dengan materi yang diberikan oleh pendidik. Kemudian tugas yang telah dikerjakan langsung dikumpulkan melalui komputer masing-masing melalui software Netsupport School. Dengan cara ini, menggunakan perangkat lunak manajemen dan pemantauan di kelas dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama ketika bekerja dengan media interaktif. Peserta didik selalu berbagi ilmu dan memiliki akses terhadap bahan pelajaran kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya. Setelah mengolah data validitas menggunakan SPSS Statistics 25, mempunyai 2 variabel dengan 12 butir kuesioner yang masing-masing dari variabel x8, y4 dengan keterangan jika r hitung lebih besar dari r table maka hasilnya valid, jika r hitung lebih kecil dari r table maka hasilnya tidak valid. Pada penelitian ini mempunyai rtabel 0,422, sedangkan nilai r hitung semuanya diatas 0,422 dengan nilai tertinggi adalah 0,921 dan terendah 0,425 dengan nilai signifikan 0,000. Kuesioner dapat dikatakan handal jika nilai cronbach alpha >0,05. Dalam SPSS di tunjukkan bahwa cronbach alpha untuk kuesioner 0,906 dengan jumlah pernyataan 12 butir Nilai rata-rata yang telah didapatkan yaitu 58.13.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf