https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/issue/feedel-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam2024-11-05T17:34:54+00:00Open Journal Systems<div class="introduction"> <p><strong>Journal Title : el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam<br>ISSN : 3064-1381 </strong>(Online)<strong><br>DOI : </strong>by Crossref<strong><br>Editor in Chief : Mujiburrahman, S.Pd.i. M.M<br>Managing Editor : Fahmi Hanifa, S.Pd., M.Pd<br>Publisher : </strong>CV Naskah Aceh<strong><br>Frequency : </strong>Two issues per year (February and August)</p> <p>el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, diterbitkan oleh <strong>CV. Naskah Aceh</strong>. Jurnal ini terbit <strong>Dua Kali</strong> dalam setahun yaitu pada bulan Oktober <strong>s.d.</strong> Februari dan Maret <strong>s.d.</strong> Agustus. Artikel yang dimuat pada jurnal ini hasil penelitian dan pengkajian tentang ilmu-ilmu komputer dan teknologi informasi.</p> <p><strong>Office address:</strong></p> <p>Desa Cot Cut, Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar – Kode Pos 23372<br><strong>Email:</strong> <em>jurnalnasa@gmail.com</em></p> </div>https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/article/view/138PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (ANALISIS KONSEPSI, TUJUAN, MATERI, STRATEGI, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN)2024-11-05T17:34:23+00:00Sultan Isnanisultanisnani@gmail.com<p>Rumpun keilmuan Pendidikan Agama Islam menjadi landasan utama dalam penerapan SKI di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi sejarah kebudayaan Islam (SKI), tujuan pembelajaran SKI, isi materi SKI (MI, MTs, dan MA), strategi pembelajaran SKI serta evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan untuk pengembangan pembelajaran SKI secara holistik, melibatkan lebih dari sekadar pengetahuan dan hafalan. Cakupan materi SKI perlu diperluas untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Praktik pembelajaran SKI di MI, MTs, dan MA cenderung kurang menarik minat siswa, menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih inovatif dan menarik. Evaluasi pembelajaran juga menjadi fokus, dengan temuan bahwa belum maksimal diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SKI. Oleh karena itu, rekomendasi dapat diajukan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, mengembangkan materi yang menarik, dan meningkatkan metode evaluasi guna memastikan pembelajaran SKI mencapai tujuan yang diinginkan.</p>2024-08-08T09:03:11+00:00Copyright (c) 2024 el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/article/view/137PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI AKHLAK TERPUJI PADA MATA PELAJARAN PAI HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI2024-11-05T17:34:54+00:00Sayed Auliasayedaulia@gmail.com<p>Secara teoretik pemahaman yang baik akan memberikan motivasi yang tinggi kepada siswa. Namun, secara nyata motivasi mereka rendah. Hal ini terlihat dari sebagian siswa dalam belajar pendidikan agama Islam kurang semangat mengerjakan pekerjaan rumah dengan alasan terlalu banyak tugas, serta lebih mementingkan mata pelajaran lain, meskipun materi dan pemahaman sudah disampaikan oleh dewan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rengasdengklok tentang akhlak terpuji subpokok materi kerja keras, tekun, ulet, dan teliti (X); 2) Motivasi belajar PAI Kelas XI SMA Negeri 1 Rengasdengklok (Y); 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap subpokok materi bekerja keras, tekun ulet dan teliti dengan motivasi belajar PAI kelas XI SMA Negeri 1 Rengasdengklok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan untuk pengumpulan datanya melalui tes, angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa tentang materi akhlak terpuji kualifikasi cukup, Realitas motivasi belajar siswa pada bidang PAI termasuk kualifikasi tinggi, Terdapat hubungan positif antara pemahaman siswa tentang materi akhlak terpuji pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan motivasi belajar PAI hal tersebut ditujukan melalui mode persamaan regresi Y = 49,25 + 0,11 X dengan koefisien korelasi 0,51. Adapun pengaruh antara variabel X terhadap Y adalah 56% dan ada faktor lain yang memengaruhi variabel X terhadapY 44%.</p>2024-08-08T09:03:26+00:00Copyright (c) 2024 el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/article/view/131Islamic Education as an Approach to Drug Rehabilitation 2024-11-05T17:34:20+00:00Intan Afriatyintanafriarty13@gmail.com<p><em>Drug abuse is a serious problem that affects individuals and society. drug rehabilitation that requires a holistic and spiritual approach as pe cts. This research group aims to re-explore the role of rat education as a drug rehabilitation approach. There is research on the methods used by researchers by collecting data from all observations, parts of observations, and required documents. There are findings that show that Islamic education is very important for the recovery process of illegal drug patients. This is an educational program that must be carried out which includes enthusiasm, morals, and so on. The research results showed that patients responded positively to Islamic religious education through approaches, attitudes, values and behavior. The approach I take is about how to recover and recover from past drugs. . Implementation of this research is necessary to integrate Islamic education into Drug Addiction programs, provide speed to this approach, and I will not return our organization to support patient recovery.</em></p>2024-08-08T09:03:34+00:00Copyright (c) 2024 el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/article/view/129ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER STRATEGY IN MULTICULTURAL - BASED STUDENT BEHAVIOR DEVELOPMENT 2024-11-05T17:34:19+00:00Rahmat Mulianarahmatmuliana@gmail.com<p>Religious education is a combination of basic knowledge that occurs in a person's personality. So that teachers cannot utilize multicultural values to shape students' personalities. This study aims to define the strategies and implications of Islamic education. Islamic education basically aims to foster multicultural student behavior. To answer this problem, this study is a qualitative study with the aim of understanding primary data sources including principals, painters, and students, as well as secondary data sources including archives on the implementation of multicultural-based Islamic Religious Education activities. This study uses data analysis techniques through data education, data presentation, data verification, and drawing conclusions. This study is that the strategy of Islamic Religious Education teachers in fostering multicultural-based student behavior in Lombok State Elementary Schools is to view and place all students equally and integrated with multicultural values in Islamic Religious Education learning, such as: having values of respecting differences, being fair, honest, responsible, honest in trust, self-confidence, cooperation, and deliberation.</p>2024-08-08T09:03:42+00:00Copyright (c) 2024 el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/eL-Tarbawi/article/view/127ISLAMIC EDUCATION TEACHES EMOTIONALLY INTELLIGENT STUDENTS IN DIGITAL ERA2024-11-05T17:34:17+00:00MuksalminaMuksalmina@gmail.com<p>Islamic education represents a pivotal response to globalization, shaping the ethical and moral fabric of society to cultivate devout and virtuous individuals (Piety, 2020). This study aims to explore the role of emotional intelligence in Islamic education, particularly in the context of digitalization and its developmental pathways. Employing a qualitative research approach, this study relies on literature review as its primary data source, offering a descriptive analysis to illuminate key insights. The findings underscore the necessity for Islamic education to innovate its pedagogical strategies, fostering active student engagement through strategic planning aimed at enhancing emotional intelligence. This contributes both scientifically and strategically to the advancement of Islamic education, emphasizing the development of students' self-emotional intelligence.</p>2024-08-08T09:03:51+00:00Copyright (c) 2024 el-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam