ANALISIS PENGGUNAAN KATA SERAPAN BAHASA INGGRIS DALAM PERCAKAPAN MAHASISWA
Abstract
Fenomena globalisasi telah mempercepat masuknya kata serapan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa yang intensif berinteraksi dengan teknologi dan media global. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, frekuensi, dan konteks penggunaan kata serapan bahasa Inggris dalam percakapan mahasiswa, sekaligus menganalisis faktor-faktor sosiolinguistik yang memengaruhinya serta implikasinya terhadap identitas linguistik dan penguasaan bahasa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan analisis transkrip percakapan. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kata serapan bahasa Inggris tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai penanda identitas sosial, akses akademik, dan adaptasi terhadap lingkungan multikultural. Faktor-faktor utama yang mendorong fenomena ini meliputi pengaruh media digital, kebutuhan akademis, serta persepsi prestise bahasa Inggris. Implikasi penelitian menegaskan perlunya strategi pedagogis dan kurikulum bahasa yang adaptif, agar mahasiswa mampu menguasai bahasa Indonesia dan Inggris secara seimbang, sekaligus menjaga vitalitas bahasa nasional di tengah arus globalisasi.
References
Akintayo, O. T., Eden, C. A., Ayeni, O. O., & Onyebuchi, N. C. (2024). Cross-cultural instructional design: A framework for multilingual and interdisciplinary education. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 6(5), 785. https://doi.org/10.51594/ijarss.v6i5.1101
AL-FARISI, M. A., Sirojudin, R., ARIFIN, MOH. N., Lazzavietamsi, F. A., & Wasehudin, W. (2025). NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID PADA NOVEL “SULUK ABDUL JALIL” KARYA AGUS SUNYOTO. LEARNING Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 120. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4309
Almagableh, S. I. S., & Yunus, K. (2022). THE FUNCTIONS OF CODE-SWITCHING USED DURING THE STUDENT-TEACHER INTERACTIONS IN THE CLASSROOMS: OBSERVATIONS AND IMPACTS. International Journal of Education Psychology and Counseling, 7(48), 501. https://doi.org/10.35631/ijepc.748038
Alrajafi, G. (2021). The use of English in Indonesia: Status and Influence. SIGEH ELT Journal of Literature and Linguistics, 1(1), 1. https://doi.org/10.36269/sigeh.v1i1.355
Ardiansyah, A., RISNITA, R., & Jailani, M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arima, M. T., Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Alam, S. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR. Pendas Mahakam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818
Asih, I. W., Tantri, S. N., & Prima, S. R. (2024). Global and Local Cultural Contestation in the Digital Age: Indonesian Gen Z’s Responses to Foreign Cultures and National Identity. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research (p. 122). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-340-5_11
Aso, L., & Konisi, L. Y. (2021). THE USE OF INDONESIAN LOAN WORDS IN MUNA LANGUAGE (Penggunaan Kata-Kata Serapan Bahasa Indonesia dalam Bahasa Muna). Kandai, 17(2), 166. https://doi.org/10.26499/jk.v17i2.3481
Bahagia, B., Mangunjaya, F. M., Wibowo, R., Rangkuti, Z., & Noor, Z. M. (2021). Tradition Of Cleaning For Reacting Social, Religion And Environment Education. EDUKATIF JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1971. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.666
Bangun, M. A., Nasution, M. F. A., Sinaga, N. R., Sastra, S. F. D., & Khairani, W. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia., 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2646
Baruti, T. D. W. P., & Subekti, A. S. (2023). INSTAGRAM TO LEARN ENGLISH VOCABULARY: A STUDY OF INDONESIAN NON-ENGLISH MAJOR UNIVERSITY STUDENTS. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 10(1), 106. https://doi.org/10.15408/ijee.v10i1.26969
Bennu, I. R. (2021). Comparing Second Language Identity as Experienced by International Students during Their Studying abroad. Research and Innovation in Language Learning, 4(2), 172. https://doi.org/10.33603/rill.v4i2.4543
Bermani, R. A., Safnil, S., & Arono, A. (2017). An Analysis of Argument Structure of Research Article of English Postgraduate Program of Bengkulu University Published In Journal. JOALL (Journal of Applied Linguistics and Literature), 2(2), 47. https://doi.org/10.33369/joall.v2i2.5954
Bintarawati, N., Wicaksana, M. F., & Muryati, S. (2023). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA GAUL DI UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA. INDONESIA Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 250. https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i2.49629
Brice, A. E. (2000). Code Switching and Code Mixing in the ESL Classroom: A Study of Pragmatic and Syntactic Features. Advances in Speech Language Pathology, 2(1), 19. https://doi.org/10.3109/14417040008996783
Cahyani, H., Courcy, M. de, & Barnett, J. (2016). Teachers’ code-switching in bilingual classrooms: exploring pedagogical and sociocultural functions. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 21(4), 465. https://doi.org/10.1080/13670050.2016.1189509
Devikasari, F., & Markhamah. (2023). Analysis of Code Switching and Code Mixing in Twitter Social Media. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research (p. 733). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_64
Dewi, N. M., & Amariah, Z. Q. (2023). The Function and Role of Needs Analysis in English Learning Curriculum. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 134. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.708
EFENDI, M. R., Iqbal, M. A., & RIFAD, MOH. (2024). STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI MIN 1 PARIGI. LEARNING Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 237. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2863