Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Digital
Abstract
Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membangun dasar perkembangan anak secara holistik. Dalam konteks ini, pembelajaran berbasis permainan telah menjadi pendekatan yang semakin diakui karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak usia dini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan penerapan pembelajaran berbasis permainan di Taman Kanak-Kanak (TK) di wilayah Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan staf TK, serta studi dokumentasi terkait kurikulum dan kegiatan pembelajaran berbasis permainan yang telah diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan di TK di wilayah Aceh memberikan dampak positif pada perkembangan anak. Anak-anak menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam proses belajar dan secara aktif terlibat dalam berbagai aktivitas permainan yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran. Pembelajaran berbasis permainan juga telah membantu dalam membangun keterampilan sosial, kreativitas, dan motorik halus serta kasar pada anak-anak. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapan pembelajaran berbasis permainan, seperti kurangnya sumber daya dan fasilitas yang memadai, serta kurangnya pemahaman dan pelatihan bagi guru untuk mengintegrasikan metode ini dengan efektif. Oleh karena itu, disarankan adanya dukungan yang lebih baik dari pemerintah dan lembaga terkait dalam penyediaan sumber daya dan pelatihan bagi guru, sehingga pembelajaran berbasis permainan dapat dioptimalkan dan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah Aceh.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf