Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini

  • Erik Wijaya Universitas Hukum Medan
  • Farah Nuraini Institut Teknologi Makassar
Keywords: Keywords: Pendidikan anak usia dini, pembelajaran berbasis permainan, Taman Kanak-Kanak, Aceh, kualitas pendidikan

Abstract

Pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam membentuk dasar perkembangan sosial-emosional anak. Interaksi sosial memiliki peran krusial dalam perkembangan anak pada usia ini, karena merupakan fondasi dalam membangun keterampilan sosial, kemampuan komunikasi, dan keterampilan kerjasama. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya interaksi sosial dalam pendidikan anak usia dini melalui studi kasus di Taman Kanak-Kanak ABC. Penelitian ini akan mengamati bagaimana interaksi sosial antara anak-anak dan dengan guru dapat mempengaruhi perkembangan sosial-emosional mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Selama periode penelitian, interaksi sosial antara anak-anak dalam kelompok bermain dan dengan guru akan diamati dan dicatat. Selain itu, wawancara akan dilakukan dengan para guru dan orang tua untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang peran interaksi sosial dalam pendidikan anak usia dini. Data dari observasi dan wawancara akan dianalisis untuk mengidentifikasi pola interaksi sosial dan dampaknya pada perkembangan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial memainkan peran penting dalam membentuk keterampilan sosial-emosional anak usia dini. Anak-anak yang terlibat dalam interaksi sosial yang positif dan mendukung cenderung menunjukkan perkembangan keterampilan sosial yang lebih baik, seperti kemampuan berbagi, berempati, dan bekerja sama dengan teman sebaya. Selain itu, interaksi sosial dengan guru juga memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri anak-anak. Kesimpulannya, interaksi sosial memiliki peranan krusial dalam pendidikan anak usia dini. Melalui interaksi sosial yang positif dan mendukung, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan sosial, kemampuan komunikasi, dan keterampilan kerjasama yang esensial dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini harus memberikan perhatian khusus pada menciptakan lingkungan belajar yang mendorong dan mendukung interaksi sosial yang positif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya interaksi sosial dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak-anak.

References

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html

Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html

Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211

Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290

Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25

Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf

Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Published
2023-08-05