PERAN PENTING MAGANG BERSERTIFIKAT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SKILL MAHASISWA KREATIF PERIKLANAN INDONESIA
Abstract
Dunia berubah semakin cepat, menuntut kompetensi skill bagi mahasiswa terkhusus kreatif periklanan sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk mewujudkan peningkatan kompetensi dengan kebutuhan industri terdapat beberapa cara yaitu mengandalkan ilmu desain komunikasi visual serta menggunakan strategi kampanye melalui event dan media kepada khalayak sasaran yaitu mahasiswa kreatif periklanan semester tiga sampai lima di perguruan tinggi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara metode kualitatif yaitu data primer dengan wawancara, kuesioner, dan FGD. Terdapat pembahasan dalam kampanye ini adalah membuat kampanye yang informatif dengan pendekatan gaya persuasif dan edukatif untuk mensosialisasikan manfaat Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Hasil akhir yang diperoleh berupa prototype desain berbagai macam media dalam mengkampanyekan program ini secara tepat sasaran. Diharapkan melalui penelitian ini, bisa dimanfaatkan sebagai percontohan dalam menyampaikan informasi serupa.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf