IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH SWASTA
Abstract
Madrasah berada dalam kondisi permasalahan yang bersifat saling berhubungan satu sama lain, meliputi dana yang kurang memadai, fasilitas kurang, guru seadanya dan mengajar di lebih dari satu sekolah, kualitas rendah, kurang bersemangat, inovasi rendah, dan rendahnya peminat. Madrasah belum memiliki penjamin mutu internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi manajemen mutu di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Cimahi, Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan fenomena dalam pelaksanaan mutu di madrasah swasta. Teknik pengumpulan data menggunakan studi wawancara bersama kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan pendidik; studi dokumentasi berkaitan dengan dokumen yang terkait dengan 8 standar di madrasah; studi observasi yaitu pelaksanaan mutu, penjaminan mutu di internal madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa rendahnya mutu pendidikan di madrasah tersebut berdampak dari pembiayaan madrasah yang masih belum memiliki kemandirian finansial, madrasah masih bertumpu pada bantuan operasional madrasah dan biaya bulanan dari siswa. Agenda penjaminan mutu akademik dilaksanakan secara maksimal oleh sivitas akademik madrasah.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf