STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PERIKANAN TANGKAP
Abstract
Kabupaten Kayong Utara masuk ke dalam WPP 711 dan memiliki 103 pulau yang tersebar di empat kecamatan. Selain potensi perikanan tangkap, kabupaten ini memiliki potensi perikanan perairan umum berupa sungai, rawa waduk dan budi daya kolam. Potensi yang dimiliki belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah strategi yang akan dilakukan dalam rangka mengembangkan perikanan tangkap di Kabupaten Kayong Utara. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang berasal dari berbagai sumber informasi yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa strategi yang perlu dilakukan untuk pengembangan perikanan tangkap di Kabupaten Kayong Utara yaitu; (1) Pengembangan teknologi penangkapan; (2) Peningkatan pengawasan terhadap wilayah penangkapan, dan; (3) Membangun sarana transportasi dan distribusi ikan. Adapun urutan prioritas langkah-langkah strategi dengan pendekatan QSPM adalah sebagai berikut; (1) Pengembangan teknologi penangkapan dengan total score attractiveness sebesar 18,33005694; (2) Membangun sarana transportasi dan distribusi ikan dengan total score attractiveness sebesar 13,13045483, dan; (3) Peningkatan pengawasan terhadap wilayah penangkapan dengan total score attractiveness sebesar 10,7027257. Pengembangan teknologi penangkapan dan armada bagi nelayan lokal diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dalam melakukan kegiatan penangkapan sehingga mampu bersaing dengan nelayan pendatang yang melakukan kegiatan penangkapan di wilayah yang sama. Kegiatan pengawasan terhadap aktivitas penangkapan mutlak diperlukan guna mencegah penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Wilayah yang luas dan memiliki pulau-pulau yang tersebar, mengharuskan dibangunnya sistem transportasi dan distribusi pengangkutan ikan yang efektif dan menguntungkan sehingga hasil tangkapan nelayan memiliki nilai jual yang baik dan mampu bersaing.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf