Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh

  • Eliada Sista Frianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Abstract

Kemajuan teknologi dalam bidang sosial dan pendidikan bersamaan atas keberadaan banyak informasi yang terus berkembang serta mengakibatkan banyak perubahan. Perubahan tersebut diawali dengan munculnya internet kemudian melahirkan banyak perubahan terbaru dari media massa. Munculnya teknologi digital harus diiringi terhadap pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat teknologi digital tersebut oleh pendidik, orang tua dan anak. Salah satunya guru harus memiliki pemahaman dan kemampuan literasi digital. Guru merupakan faktor utama yang menentukan kualitas pendidikan sekolah dan berhasil tidaknya upaya inovasi. Guru harus memiliki berbagai kecakapan abad 21 yang salah satunya menggunakan dan mengkolaborasikan teknologi dalam menyampaikan dan mendukung sistem pendidikan, guru perlu mengembangkan sumber belajar digital untuk diakses peserta didik menggunakan teknologi, guru dengan peserta didik harus menggunakan teknologi digital dalam memfasilitasi pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian literasi digital terhadap pengembangan kompetensi berkelanjutan pada guru di SMP Negeri 8 banda Aceh ini dapat membantu guru-guru untuk lebih bijak menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dan data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara serta kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari guru senior dan guru junior, yaitu guru junior lebih memahami tentang literasi digital sementara guru senior banyak yang tidak memahami tentang literasi digital. Pengumpulan data dengan menyebarkan kusioner pada guru dan pengolahan data dengan program SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan ialah nilai F hitung = 18.233 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel X (Literasi Digital) berpengaruh terhadap Variabel Y (Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan) namun pengaruh dari kedua variabel yang digunakan lebih kecil dari variabel lainnya yaitu sebesar 39,4% dan pengaruh dari variabel lain sebesar 60,6%.

References

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html

Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html

Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211

Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290

Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25

Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf

Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Published
2023-08-05