Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh

  • Eliada Sista Frianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Abstract

Kemajuan teknologi dalam bidang sosial dan pendidikan bersamaan atas keberadaan banyak informasi yang terus berkembang serta mengakibatkan banyak perubahan. Perubahan tersebut diawali dengan munculnya internet kemudian melahirkan banyak perubahan terbaru dari media massa. Munculnya teknologi digital harus diiringi terhadap pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat teknologi digital tersebut oleh pendidik, orang tua dan anak. Salah satunya guru harus memiliki pemahaman dan kemampuan literasi digital. Guru merupakan faktor utama yang menentukan kualitas pendidikan sekolah dan berhasil tidaknya upaya inovasi. Guru harus memiliki berbagai kecakapan abad 21 yang salah satunya menggunakan dan mengkolaborasikan teknologi dalam menyampaikan dan mendukung sistem pendidikan, guru perlu mengembangkan sumber belajar digital untuk diakses peserta didik menggunakan teknologi, guru dengan peserta didik harus menggunakan teknologi digital dalam memfasilitasi pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian literasi digital terhadap pengembangan kompetensi berkelanjutan pada guru di SMP Negeri 8 banda Aceh ini dapat membantu guru-guru untuk lebih bijak menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dan data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara serta kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari guru senior dan guru junior, yaitu guru junior lebih memahami tentang literasi digital sementara guru senior banyak yang tidak memahami tentang literasi digital. Pengumpulan data dengan menyebarkan kusioner pada guru dan pengolahan data dengan program SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan ialah nilai F hitung = 18.233 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel X (Literasi Digital) berpengaruh terhadap Variabel Y (Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan) namun pengaruh dari kedua variabel yang digunakan lebih kecil dari variabel lainnya yaitu sebesar 39,4% dan pengaruh dari variabel lain sebesar 60,6%.

Published
2023-08-05