KLAUSA PEMBANDINGAN DALAM KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT BAHASA INDONESIA

  • Lina Wati STKIP An-Nur Banda Aceh
Keywords: klausa pembandingan, konjungtor pembandingan, kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konjungtor pembandingan, sifat kehadiran konjungtor pada klausa pembandingan, posisi klausa pembandingan, struktur klausa pembandingan, dan pelesapan fungsi sintaksis pada klausa pembandingan dalam kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat majemuk bertingkat yang mengandung klausa pembandingan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data  tulis  yang  berasal  dari surat kabar harian, majalah, karya sastra, dan buku. Metode yang digunakan dalam penyediaan data adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung, sedangkan teknik lanjutannya adalah teknik ganti, teknik balik, teknik baca markah, dan teknik lesap. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian  ini dilakukan dengan metode informal dan metode formal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konjungtor yang terdapat pada klausa pembandingan dalam kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia meliputi konjungtor (a) seperti, (b) bagai(-kan), (c) ibarat, (d)

seakan(-akan), (e) seolah(- olah), (f) serasa(-rasa), (g) sebagaimana, (h) laksana, (i) daripada, (j) alih-

alih, (k)   sebagai,   dan   (l)   bak.   (2)   Sifat   kehadiran    konjungtor    pada    klausa pembandingan dalam kalimat majemuk bertingkat bahasa   Indonesia   bersifat wajib. (3) Posisi klausa pembandingan dalam kalimat majemuk bertingkat mempunyai kelonggaran letak, yaitu dapat menempati posisi awal kalimat, tengah kalimat, atau akhir kalimat. (4) Klausa pembandingan dalam kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia menduduki fungsi keterangan dengan struktur Konj Pb+(S)+P+(O)+(Pel)+(Ket). Struktur tersebut terdiri atas (a) Konj Pb+S+P, (b) Konj Pb+(S)+P, (c) Konj Pb+S+P+O, (d) Konj Pb+(S)+P+O, (e) Konj Pb+S+P+Pel, (f) Konj Pb+(S)+P+Pel, (g) Konj Pb+S+P+Ket, (h) Konj Pb+(S)+P+Ket, (i) Konj Pb+S+P+O+Ket, dan (j) Konj Pb+S+P+Pel+Ket. (5) Pelesapan fungsi sintaksis pada klausa pembandingan berupa pelesapan subjek. Pelesapan subjek pada klausa pembandingan dapat dilakukan jika subjek klausa utama dan subjek klausa pembandingan koreferensial.

References

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html

Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html

Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211

Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290

Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25

Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf

Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53

Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf

Published
2024-09-06