BAHASA SEBAGAI SEMIOTIK SOSIAL DAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Bahasa merupakan semiotik. Berbeda dengan semiotik umum yang terdiri atas arti dan ekspresi, semiotik bahasa adalah semiotik sosial yang terdiri atas unsur arti, bentuk, dan ekspresi. Selanjutnya, pemakaian bahasa membentuk semiotik, yang terjadi dari semiotik denotatif dan konotatif. Satu mahzab linguistik yang mengkaji bahasa sebagai semiotik sosial adalah linguistik fungsional sistemik (LFS) yang dalam teorinya para pakar LFS mengkaji bahasa dengan cara berbeda dengan kajian linguistik formal. Ciri utama LFS adalah pendekatan arti ke bentuk dan pelibatan konteks sosial, yang berbeda dengan kajian linguistik formal dengan pendekan bentuk ke arti tanpa pelibatan konteks sosial. LFS berfokus pada kajian unsur paradigmatik dan sintagmatik bahasa. Sebagai kajian ilmiah tentang bahasa, linguistik merupakan teori kebahasaan yang menjadi dasar atau rujukan dalam pengembangan pembelajaran bahasa. Pengajaran bahasa berdasarkan LFS menekankan realisasi arti, yang berupa communicative functions, ke dalam tata bahasa (lexicogrammar), ekpresi yang tepat (phonology) dan dalam konteks sosial pemakai bahasa. Tulisan ini menguraikan bahasa sebagai semiotik sosial dalam perspektif LFS dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran bahasa Inggris.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf








