MODERNISASI & KELOMPOK MENENGAH INDONESIA
Abstract
Tulisan ini mendeskripsikan persoalan pembangunan di Indonesia yang berkaitan dengan sumber daya aquatic, kehutanan, kelompok menengah Indonesia yang menjadi keunggulan dalam struktur pembangunannya. Hambatan pembangunan dalam pengembangan sumberdaya aquatik perlu modernisasi. Modernisasi adalah satu keharusan dalam proses pembangunan aquatic, kehutan dan kelompok menengah Indonesia. Pemakaian teknologi tepat guna menjadi sumber daya yang menopang pengembangan pembangunan kelompok menengah. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif analisis terhadap kekuatan dan kelemahan potensi pembangunan ekonomi Indonesia. Data-data primer digunakan untuk mendiskripsikan masalah-masalah modernisasi dan pengembangan kelompok menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah pustaka, review artikel dan kemudian diolah agar kesimpulan penulisan ini dapat dikembangkan teori organisasi, modernisasi dan bukti empirik. Hasil dari penulisan ini menyatakan bahwa proses modernisasi bagi pembangunan ekonomi Indonesia dan kelompok menengah perlu dilakukan, reorientasi persoalan pembangunan dalam kaitan dengan sumberdaya aquatic dan kehutanan serta pengembangan kelompok menengah Indonesia perlu menjadi prioritas utama.
References
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf
Maulana, R., Irwan, I., Hanum, M. C., Mujiburrahman, M., & Lidiana, L. (2022). The effectiveness of TOEFL app for final-year students of Marine and Fisheries Faculty Universitas Syiah Kuala, Indonesia. E3S Web of Conferences, 339, 1-4. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06005.html
Amir, N., Saifuddin, S., Muhammad, M., & Maulana, R. (2022). An analysis of lighting design in a football stadium. E3S Web of Conferences, 339, 1-5. Retrieved from https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2022/06/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008/e3sconf_10icmr-2insaef2022_06008.html
Maulana, R., Ismi, R. Z., & Lidiana, L. (2020). Rancangan animasi media pembelajaran bahasa Inggris ke Indonesia untuk anak usia dini berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 4(2), 379-385. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/229/211
Amir, N., Saifuddin, S., & Maulana, R. (2021). Modifying the regulations in Geudeu-Geudeu martial art. Annual International Conference on Social Sciences, 11, 270-274. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/24358/15290
Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model media pembelajaran menggunakan aplikasi blended learning berbasis mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-62. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27/25
Amir, N., & Saifuddin. (2018). Analysis of body position, angle and force in lawn tennis service accuracy. Journal of Physical Education and Sport, 18(3), 1692-1698. Retrieved from https://efsupit.ro/images/stories/september2018/Art%20247.pdf
Maulana, R., & Bahruni, B. (2020). An Android-based vocabulary model for autism. International Journal of Information System and Technology, 3(2), 221-226. Retrieved from https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/53/53
Amir, N., & Saifuddin. (2017). Developing a measurement tool of the effectiveness of the physical education teachers’ teaching and learning process. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 127-134. Retrieved from http://efsupit.ro/images/stories/01feb2017/art%2020.pdf